Definisi Touring ?
Touring (selanjutnya disebut 'turing') adalah satu bentuk kegiatan klub melakukan perjalanan dengan mengendarai sepeda motor ke tempat tujuan tertentu untuk menyalurkan kegemaran berkendara sepeda motor para anggotanya dan menikmati indahnya kebersamaan dan persatuan para anggota.
Pengklasifikasian Touring.
Menurut tujuan dan persyaratannya, turing dibedakan dalam 3 jenis yaitu touring terbuka, touring tertutup dan touring besar (grand touring).
1. Touring Terbuka
* Persyaratannya Tujuan : adaptasi bagi anggota baru
* Peserta : semua anggota
* Jenis mesin : 4 tak, min. 100 cc
* Jarak tempuh pp : 150 - 200 km (medan jalan aman bervariasi dan beresiko kecil)
* Kecepatan Maks : 90 km/jam (disesuaikan kondisi di jalan)
2. Touring Tertutup
* Persyaratannya Tujuan : menyalurkan kegemaran touring dan memperkuat persaudaraan antar anggota
* Peserta : anggota yang aktif mengikuti touring terbuka
* Jenis mesin : 4 tak, cc sesuai jarak tempuh dan medan jalan
* Jarak tempuh pp : min. 200 km
* Kecepatan Maks : 100 km/jam (disesuaikan kondisi di jalan)
3. Touring Besar (Grand Touring)
* Persyaratannya Tujuan : menyalurkan kegemaran touring dan memperkuat persaudaraan antar anggota
* Peserta : anggota yang telah mengikuti touring tertutup
* Jenis mesin : 4 tak, min. 125 cc
* Jarak tempuh pp : 1000 km
* Kecepatan Maks : 100 km/jam (disesuaikan kondisi di jalan)
Persiapan-persiapan turing memang sangat vital sekali bagi para biker yang hendak melakukanturing. Jadi jangan sampe menyepelekan persiapan dan panduan ini yaa. Semoga bermanfaat.
Part 1. Pakaian yang akan dipakaitouring
Pakaian yang dipakai harus sesuai dengan keadaan cuaca dong, Pas siang hari lagi panas-panasnya pake pakaian musti yang menyerap panas dab keringat biar nyaman
Part 2. Apa saja yang perlu dibawa
Nah untuk poin ini jangan serba dibawa, cukup keperluan turig aja yang dibawa. Jangan sampe kendaraan motor anda kelebihan beban.
Part 3. Mempersiapkan kendaraan
Sebelum berangkat, coba di cek dan ricek dahulu kendaraan anda, kalo bisa service dulu, mulai Oli, rodan ban, stang dan spart part penting lainnya.
Part 4. Bagaimana dan dimana
Rencanakan juga bagaimana cara touring yang anda lakukan, apakah secara konvoi besar (bareng 100 motor atau lebih) atau konvoi kecil-kecil (dibagi kedalam 5 motor per menit). Dan dimana lokasi yang dituju, jangan sampe cuman survey jalan aja tanpa tujuan yang jelas.......
Part 5. Checklist
Langkah terakhir silahkan check lagi persiapan yang dibutuhkan
Semua peserta turing tanpa terkecuali wajib mentaati etika touring dengan ketentuan sebagai berikut :
- Datang dan berangkat tepat pada waktu yang telah ditentukan
- Mematuhi peraturan lalu lintas (dilarang keras menerobos lampu lalu lintas, berhenti sembarangan, dll)
- Menempatkan para pemula di barisan depan, dan peserta boncengan
- Wajib mengenali peserta lainnya dan petugas yang bertugas
- Hafalkan rute atau peta serta pemberhentian yang telah dijadwalkan
- Tidak dalam pengaruh alkohol, obat-obatan terlarang yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain
- Konvoi selalu diusahakan di jalur kiri jalan
- Kecepatan disesuaikan dengan kondisi jalan (maksimal 80 km/j di luar kota, dan 60 km/j dalam kota)
- Mengikuti semua perintah petugas yang bertugas baik lisan maupun dalam bentuk kode isyarat
- Menyalakan lampu depan selama perjalanan
- Menyalakan lampu hazard, flasher, atau sein kanan
- Tidak turut mengatur perjalanan turing kecuali petugas yang telah ditunjuk oleh Divisi Safety Riding
- Dilarang mengintimidasi pengguna jalan lain (memukul, menendang, meludahi, atau bentuk lainnya)Tidak saling mendahului atau berebut jalan
- Memberikan kesempatan kepada pengendara lain yang secara terpaksa karena kondisi lalu lintas harus masuk dalam barisan konvoi
- Tidak menggunakan klakson dan sirine secara berlebihan terutama pada saat kondisi macet, kecuali kondisi emergency
- Memberikan salam penghormatan kepada petugas polisi, atau pengendara lain dengan mengacungkan ibu jari
- Memberik isyarat yang sopan saat meminta jalan kepada pengguna jalan lainnya, dan mengucapkan terima kasih dengan mengacungkan ibu jari
- Waspada dan tetap konsentrasi selama berkendara
- Memberitahukan petugas tentang keadaan diri atau kendaraannya selama perjalanan yang dapat mengganggu konvoi dengan memberi isyarat klakson panjang dan isyarat tangan
Mengendarai sepeda motor secara bersama-sama (touring) dengan aman adalah ketrampilan yang bisa dipelajari yang membutuhkan pemikiran dan latihan. Tujuannya adalah agar touring bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar. Berikut adalah beberapa prosedur yang perlu diikuti baik oleh peserta maupun petugas.
PESERTA
Perlengkapan Motor
Berikut ini adalah kondisi motor yang diijinkan ikut dalam perjalanan touring (berlaku untuk semua peserta dan petugas):
- Kendaraan dapat berjalan dengan baik.
- Ban harus dalam keadaan baik. Dilarang memakai ban kecil.
- Semua lampu (depan, belakang, rem, sen) harus berfungsi dengan baik. Dilarang mamakai lampu yang dapat menyilaukan pengendara di belakangnya seperti bahan mika putih & bohlam putih.
- Oli mesin dan minyak rem dalam keadaan baik.
- Rem depan dan belakang berfungsi dengan baik.
- Klakson berfungsi dengan baik.
- Kaca spion lengkap. Dilarang memakai kaca spion kecil.
- Toolkit standard lengkap.
- Bahan bakar penuh
Seluruh anggota touring WAJIB mengisi penuh tangki bahan bakar kendaraannya sesaat sebelum perjalanan awal touring.
Perlengkapan Pengendara dan Penumpang
Berikut ini adalah perlengkapan yang diperlukan oleh pengendara dan penumpang termasuk petugas:
- Helm. Pengendara dan penumpang diwajibkan memakai minimal helm open face (3/4) lengkap dengan kacanya. Dilarang keras memakai helm cetok.
- Jacket. Diwajibkan memakai jaket dan disarankan yang agak tebal untuk proteksi yang lebih baik.
- Celana Dilarang memakai celana pendek. Disarankan memakai celana dengan bahan yang tebal seperti jeans.
- Sepatu Pengendara dan penumpang diwajibkan memakai sepatu, dianjurkan sepatu dari jenis bahan kulit dan memiliki tinggi minimal semata kaki.
- Sarung tangan Diwajibkan memakai sarung tangan.
- Body Protector/Pelindung dada. Disarankan memakai body protector.
- Jas Hujan Diharuskan membawa jas hujan baik untuk pengendara maupun penumpang. Dilarang memakai jas hujan jenis ponco.
- Obat-obatan untuk keperluan pribadi. Membawa obat-obatan yang diperlukan untuk keperluan pribadi.
Dokumen yang wajib dibawa oleh setiap peserta dan petugas adalah :
- Identitas diri (KTP) Wajib dibawa oieh pengendara dan boncengers.
- SIM Wajib dibawa oleh pengendara.
- STNK Wajib dibawa oleh pengendara.
Kewajiban
Kewajiban yang harus dipatuhi oleh setiap peserta dan petugas adalah :
- Datang di meeting point tepat pada waktu yang sudah ditentukan.
- Memberi tahu petugas apakah membawa penumpang dan pengalaman touring sehingga petugas dapat mengatur posisi peserta selama perjalanan. Umumnya peserta yang membawa penumpang dan belum mempunyai pengalaman touring ditempatkan di depan.
- Selalu mengutamakan keselamatan baik untuk dirinya sendiri, peserta lain, maupun sesama pengguna jalan lainnya.
- Tidak dalam pengaruh alkohol, dan obat-obatan terlarang / yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri atau peserta lainnya.
- Mematuhi semua peraturan lalu lintas.
- Tidak saling mendahului / kebut-kebutan / melakukan tindakan yang membahayakan baik untuk dirinya sendiri atau peserta lainnya.
- Mengganggu tugas dari petugas yang berwenang.
- Menghormati pengguna jalan lainnya diluar rombongan. Tidak mengintimidasi pengguna jalan lainnya. Memberikan kesempatan pada pengendara lain yang secara terpaksa masuk ke dalam rombongan. Memberikan isyarat yang sopan kepada pengguna jalan lainnya ketika meminta jalan dan mengucapkan terima kasih dengan mengacungkan ibu jari kiri.
- Tidak menggunakan klakson secara berlebihan. Dilarang menggunakan sirine.
- Mengerti kode-kode / isyarat yang dipakai selama perjalanan, Kode-kode ini akan dibahas lebih lanjut.
- Memberikan salam penghormatan dengan mengacungkan ibu jari kiri kepada polisi yang bertugas.
- Menyesuaikan kecepatan kendaraan sesuai dengan petunjuk petugas.
- Mengikuti semua perintah petugas yang berwenang yang diberikan secara lisan maupun dalam bentuk kode isyarat.
- Menyalakan lampu depan selama perjalanan.
- Menyalakan lampu hazard / flasher / lampu sen kanan seiama perjalanan (sesuai kesepakatan)
- Memberi tahu petugas tentang keadaan diri atau keadaan kendaraan selama perjalanan yang dapat mengganggu perjalanan. Isyarat dapat diberikan dengan membunyikan klakson panjang dan isyarat tangan seperti yang akan dibahas lebih lanjut.
PETUGAS
Berikut adalah definisi petugas yang bertugas membawa peserta ke tempat tujuan:
1. Kapten
Kapten adalah pemimpin tertinggi yang memimpin semua peserta dan petugas. Setiap perjalanan dipimpin oleh 1 orang kapten.
2. Vooridjer
Vooridjer adalah petugas yang memimpin barisan / grup. Setiap grup dipimpin oleh 1 orang vooridjer.
3. Safety Officer
Bertugas mengamankan jalur yang akan diiewati. Setiap grup dipandu oleh minimal 2 orang safety officer.
4. Sweeper
Bertugas untuk mengawasi dan mengamankan semua peserta. Setiap grup dipandu oleh minimal 2 orang sweeper.
5. Technical Officer
Bertugas untuk membantu peserta yang mengalami kendala teknis pada kendaraannya. Minimal 1 technical officer dalam setiap grup.
Setiap petugas dilarang membawa penumpang sehingga dapat dengan mudah mengatur rombongan atau melakukan manuver-manuver yang sekiranya diperlukan.
Perlengkapan Motor Petugas
Berikut ini adalah perlengkapan tambahan kendaraan petugas diluar perlengkapan standard seperti yang telah disebutkan diatas:
1. Rompi petugas.
2. Klakson khusus.
3. Senter / light stick
Tugas dan Tanggung Jawab Petugas
1. Kapten
- Menunjuk / memilih petugas yang akan membantu perjalanan.
- Dibantu petugas lainnya memeriksa semua kendaraan dan peserta.
- Menolak peserta yang tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.
- Membagi peserta menjadi beberapa grup jika jumlah peserta terlalu banyak. Jumlah peserta maksimal 20 motor dalam 1 grup.
- Bertanggung jawab membawa peserta ke tempat tujuan dengan selamat.
- Mengambil keputusan untuk membatalkan perjalanan jika dirasa tidak memungkin-kan untuk melanjutkan perjalanan.
- Menindak tegas peserta yang membahayakan perjalanan.
- Bersama petugas lainnya menyusun rute perjalanan, termasuk lama perjalanan dan tempat pemberhentian.
- Memberitahu semua peserta mengenai rute perjalanan, lama perjalanan dan tempat pemberhentian.
2. Vooridjer
- Membawahi Safety Officer dan Sweeper.
- Memberangkatkan peserta setelah ada isyarat bahwa semua peserta telah siap.
- Mengatur kecepatan sesuai dengan kondisi jalan dan kemampuan mengemudi semua peserta untuk menghindari terputusnya rombongan.
- Mengatur formasi dan memberikan isyarat-isyarat yang diperlukan.
- Menghentikan rombongan di tempat yang aman.
- Tetap pada jalur jika kondisi jalan macet.
3. Safety Officer
- Mengawasi jalan yang akan diialui oleh peserta.
- Memberitahu Vooridjer akan kemungkinan bahaya dari kendaraan yang berlawanan arah.
- Menunggu peserta yang terputus pada tempat yang aman dan mengambil alih posisi Vooridjer sementara,
- Memberikan isyarat kepada Vooridjer.
4. Sweeper
- Mengawasi rombongan agar tetap dalam formasi.
- Mengatur formasi dan jarak sesuai perintah Vooridjer.
- Memperingatkan peserta yang bertindak ugal-ugalan atau yang dapat membahayakan peserta lainnya.
- Mendampingi peserta yang mengalami masalah.
- Meminta Vooridjer untuk berhenti.
5. Technical Officer
- Membantu peserta yang mengalami kerusakan kendaraan.
- Menyediakan tools yang diperlukan.
- Menyediakan atau membantu mencarikan spare part yang diperlukan.